Beberapa Nama Komponen Kendaraan Dan Kegunaannya
Selamat
berjumpa kembali, maaf sudah lama tidak update postingan kehabisan ide
kalee..ya :D Ini ada sedikit pertanyaan dari pembaca setia MOTORexs sekalian aja saya share disini barang kali ada teman-teman yang belum mengetahui fungsi dari beberapa jenis komponen kendaraan motor
dibawah ini, namun jauh dari jawaban sempurna karena jawaban ini
menurut bahasa saya yang cuma lulusan STM, yang pakai nomor adalah
pertanyaan dari teman saya tsb dan langsung saya copas dari email
kiriman saya ke teman saya itu :
Kruk
as dan pungsinya. Kruk as itu komponen yang paling pokok yang menunjang
kinerja sebuah mesih, dan syarat sebuah kruk as harus balance, karena
kalau ngak balance akibatnya mesin akan berbgetar, contoh nyata pada
mesin mocin, kebanyakan produk mocin kelemahannya kruk as ngak balance,
oia kruk as itu tempat dudukan stang seher (con rod) dan bearing
(laher) posisinya ada didalam mesin. Dan sering juga untuk keperluan
balap liar sering orang yang merubah stroke (langkah) dari krukas ini.
Kan rumus dari cc itu diameter kali langkah dimana langkah adalah stroke
dan diameter adalah lebar piston garis tengahnya atau jari-jari. Masa
pakai dari sebuah kruk as tidak ada batasnya asalkah masih center dan
dudukan bearing maupun dudukan pin conrod masih bagus (tidak oblak).
2. Apa itu noken as dan fungsinya untuk apa ? Kenapa harus dibubut kalau kita menginginkan sebuah kem racing ?
Noken as atau camshaft
adalah sebuah komponen yang fungsinya mengatur lama sebentarnya klep
membuka dan menutup, di mesin 4 langkah kem ini yang mengatur performa
mesin, tentu saja fungsinya bisa diubah sekehendak kita, ada 2 cara
untuk merubah lama sebentarnya klep membuka dan menutup.
Pertama :
beli kem racing....:-D.. mahal dan bisa dikatakan beli kucing dalam
karung karena durasi yang tertera dikemasannya tidak sama dengan durasi
kenyataannya (waktu saya coba diukur sendiri pakai busur derajat).
Kedua :
Gerinda kem merubah dari standar dibikin racing, orang kebanyakan
memilih yang langkah kedua ini, karena murah dan bisa leluasa menentukan
kapan sebuah klep menutup dan membuka dengan sesuka kita. Cara gerinda
kem tersebut tentu harus dikerjakan oleh mekanik yang minimal mengetahui
derajat buka tutup klep yang akan dirubah tersebut. Kenapa demikian
karena belakangan ini banyak yang melakukan trend gerinda kem asal
asalan malahan pengerjaannya tanpa busur derajat di tempel di magnet,
jadi kesimpulannnya bagaimana mengetahui diderajat berapa membuka klep
IN dan menutupnya kapan di derajat berapa, kalo tanpa bantuan busur
derajat. Kebetulan cara kedua ini kesukaan saya dan saya sering
melakukan sendiri dengan bantuan busur derajat di tempel di magnet. Ini
dibawah ada gambar bagian kem yang harus digerinda yang ada garis
merahnya aja.
klik gmbr untuk lebih jelas |
3. Bore up itu apa ?
Bore
up adalah secara garis besarnya memperbesar kapasitas cc sebuah motor
melebihi batas liner nya. Carannya buka liner standar masukan liner yang
baru yang diamerternya melebihi cc motor tersebut. Langkah2 untuk bore
up tentu harus dengan bantuan tukang bubut ngak bisa dikerjakan
sendiri. Contoh mudahnya blok seher mio kalo mau bore up umumnya dan
yang paling mudah adalah mengganti liner standar pakai GL MAXneotech yang 125cc, enaknya diameter pin pistonnya sama dengan diameter pin piston mio.
4. liner itu apa ?
Liner
atau boring adalah selinder atau tabung tempat naik turunnya sebuah
piston (seher) posisinnya ada di dalam blok seher. Ciri liner udah kena
dampaknya adalah kurang kompresi atau bisa juga dari knalpot keluar asap
putih. Cara perbaikannya ya harus korter dengan menaikan size diameter
seher biasannya klo masih standrar (nol) naik ke size "25" atau size
"50"
5. intake itu apa ?
Intake bisa juga diibaratkan leher, fungsina untuk meneruskan aliran udara dari karbulator ke slinder head, posisinnya ada di antara karbulator dan slinder head.
6. Porting polish maksudnya apa ?
Porting polish adalah secara garis besarnya adalah menghaluskan atau memperbesar atau mengarahkan aliran udara dari karbulator, sitting valve sampai menuju slinder head atau disebut juga lubang "in" maupun gas sisa pembakaran dari slinder head ke lubang knalpot disebut juga lubang "ex" (exhaust)
7. Apa itu crankchase ?
Crankchase adalah tempat dudukan krukas beserta bearingnya, juga tempat dudukan gigi rasio.
8. Swing arm gunanya apa ?
Swing arm adalah tempat dudukan sokbleker belakang beserta ban belakang dari sebuah speda motor.
9. Kaliper itu apa ?
Kaliper
atau orang biasa menyebut kepala babi, fungsina untuk menekan atau
menjepit kampas rem dengan perantara tekanan cairan (liquid) oli rem
dari master rem, posisinya ada menempel di setiap piringan cakram sebuah
kendaraan bermotor.
Moga bermanfaat.
Artikel terkait untuk Beberapa Nama Komponen Kendaraan Dan Kegunaannya
fo otomotif- Spesifikasi dan Harga Yamaha Jupiter Z1
- Motor Honda Spacy - Skutik Terbaru Dari AHM
- CBR250R Pakai DOHC dan Roller Rockerarm
- Bahaya Gas Buang Kendaraan Bagi Manusia Dan Lingkungan
- Motor Unik Ber AC
- Beberapa Nama Komponen Kendaraan Dan Kegunaannya
- Mengenal Jenis Las
- Honda CBR-150 Vs Bajaj Pulsar Dts-i Vs Yamaha V-ixion
0 komentar:
Posting Komentar