(NOS)
PADA SEPEDA MOTOR HONDA CB
Perangkat
tambahan yang bisa digunakan agar tenaga mesin mobil dapat bertambah
secara instant, selain adanya seperangkat alat bernama turbo,
dibelantika modifikasi mesin juga telah lama dikenal seperangkat alat
bernama NOS (Nitrous Oxide System). Perangkat NOS ini adalah alat yang
telah lama digunakan oleh maniak modifikasi mesin agar dapat menggunakan
gas bernama Nitrous Oxide (N2O) yang merupakan campuran antara gas
nitrogen dengan oksigen sebagai penambah tenaga mesin.
Menurut
salah satu mekanik dari Firna Protechnik yang akrab dipanggil Pak
Ichsan ini, aplikasi NOS pada mesin adalah bertujuan untuk memperkaya
pembakaran didalam mesin sehingga tenaga atau daya dorongnya dapat lebih
meningkat. Dengan campuran antara gas NOS dengan BBM yang tepat saat
masuk ke ruang pembakaran mesin mobil, maka tenaga mobil secara
signifikan akan meningkat. Hal ini dikarenakan adanya gas nitrous oxide
(N2O) yang mampu menambahkan asupan jumlah oksigen untuk pembakaran,
jadi ketika gas N2O bercampur dengan BBM yang kemudian disulut oleh
sistem pengapian maka ledakan diruang bakar akan lebih besar sehingga
tenaga mesin pun bertambah.
Apapun
jenis sistem suplai BBM pada mesin mobil, entah itu mobil yang masih
karburator ataupun yang telah menggunakan injector, kedua-duanya tetap
dapat mengaplikasikan NOS, hanya saja proses instalasinya berbeda. Ada 2
jenis instalasi untuk NOS, yaitu sistem Basah (Wet) dan Kering (Dry).
Masing-masing instalasi tersebut memiliki peralatan / kit yang berbeda.
1. Sistem Wet NOS : Proses
penyemburan antara BBM dengan gas nitrous oxide bercampur dan
ditembakkan secara bersamaan ke ruang bakar mesin lewat injector khusus.
Dalam sistem wet pada mesin karburator, campuran antara BBM dan gas
NOS harus disetting melalui ukuran spuyer / jet, agar perbandingannya
pas, karena bila terlalu banyak gas NOS ke sistem pembakaran
dibandingkan BBM maka mesin bisa jebol, sedangkan jika terlalu banyak
BBM dibandingkan gas NOS, maka tenaga yang dihasilkan tidak akan
maksimal (efektifitasnya berkurang). Untuk penggunaan NOS di mesin
karburator maka dibutuhkan lagi alat tambahan bernama Spray Bar.Proses
aplikasi sistem ini juga terbagi menjadi 2, yaitu :
o Sistem Single Point : Sistem ini menggunakan satu saluran untuk mencampur NOS dengan BBM.
o Sistem Direct Port : Sistem ini menggunakan saluran terpisah pada tiap silinder untuk menembakkan NOS dan BBM secara bersamaan.
2. Sistem Dry NOS : Proses
penembakkan gas NOS dan BBM dilakukan secara terpisah, Nozzle NOS
disambungkan langsung menuju ruang pembakaran secara terpisah, sedangkan
bensin tetap melalui jalur sendiri pada injector ataupun karburator.
Berikut Skema Perakitan NOS Pada Sepeda Motor Honda CB:
Skema Perakitan NOS Pada Sepeda Motor Singel Silinder
Skema Perakitan NOS Pada Sepeda Motor Double Silinder
0 komentar:
Posting Komentar