Kepada teman-teman yang setia membaca tentang ulasan kami. Follow twitter kami @lamborgini.com untuk mendapat info-info tentang otomotif yang lebih banyak lagi.
Banyak baca, banyak tahu, menjadi pengendara yang lebih cerdas. ;)
Banyak diantar kita yang tidak puas dengan performa mesin standard
bawaan pabrik. Tidak sedikit juga para pemilik mobil yang
mengaplikasikan berbagai peranti yang dapat mendongkrak performa
kendaraannya. Apakah anda pernah berpikir untuk mengaplikasikan TURBO
atau SUPERCHARGER pada mesin kendaraan? Bila ya, sebaiknya anda membaca
tulisan di bawah ini.
Pada dasarnya sistem kerja TURBO dan SUPERCHARGER tidak berbeda jauh,
yaitu membuat bypass bagi udara untuk masuk kedalam ruang mesin. TURBO
terbagi menjadi 2 jenis yaitu TURBO KIT dan TURBO BOLT ON. Mari kita bahas terlebih dahulu TURBO KIT
.
Turbo kit yaitu perangkat Turbo yang lebih praktis yaitu tinggal pasang
karena biasanya jenis Turbo ini sudah di set dari pabriknya untuk mobil
tertentu misalnya hanya untuk H. Jazz. Namun jenis Turbo ini
peningkatan HP-nya lebih kecil dari Bolt On tetapi dibalik itu harga
Turbo kit lebih murah dari Bolt On. Turbo Bolt On yaitu jenis turbo yang
harus di set ulang oleh sang teknisi agar memperoleh hasil yang
maksimal, bahkan peningkatan tenaga bisa mencapai 2 kali lipat. Namun
untuk mendapat hasil itu anda harus pintar-pintar memilih teknisi yang
handal dalam men-set turbo tersebut, harga Turbo Bolt On lebih mahal
dari Turbo KIT jadi bila anda ingin mengaplikasikan Turbo pada mobil
anda bila hanya untuk harian disarankan untuk menggunakan Turbo KIT
saja. Dengan mengaplikasikan Turbo (jenis apa saja) pada mobil anda
pastikan untuk menurunkan dahulu kompresi pada mobil karena saat Turbo
aktif kompresi dapat meningkat 2 kali lipat, Karena meningkatnya
kompresi disarankan untuk menambah Trubo intercooler agar mesin tidak
cepat over heat. Turbo aktif biasanya saat melewati 25oorpm maka itu
sering terjadi Turbo lag yaitu suatu keadaan dimana anda merasakan
hentakan yang dahsyat. Harus diperhatikan juga pemilihan jenis BBM
karena meningkatnya kompresi jumlah oktan juga harus di tingkatan. Bila
anda sudah mengaplikasikan perangkat diatas kami sarankan anda tidak
mengkocok gas atau menginjak pedal gas secara kasar yaitu injak lepas
dengan ritme yang cepat.
SUPERCHARGER pada dasarnya sama dengan TURBO yaitu alat untuk bypass
bagi udara untuk masuk ke ruang mesin. SUPERCHARGER kemampuannya tidak
seperti TURBO yang begitu dahsyat, supercharger memiliki tenaga yang
lebih kecil maka dari itu harga supercharger lebih murah ketimbang
turbo. Supercharger bekerja sejak putaran mesin idle.
Kami sarankan berpikirlah sebijak mungkin bila anda ingin
mengaplikasi perangkat diatas pada mobil anda bila mobil tersebut hanya
untuk harian, mengingat harga BBM yang semakin mahal dan konsumsi BBM
menjadi meningkat jauh, belum lagi bila mesin anda jebol atau over heat
maka anda harus mengeluarkan dana lebih banyak untuk biaya perbaikan.
Lain cerita bila mobil tersebut dikhususkan untuk kompetisi balap.
About Syed Faizan Ali
Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.
0 komentar:
Posting Komentar